PEMBUATAN VIDEO EXPLAINER JAWA TIMUR

  • By
  • December 15, 2022
  • 0 Comments

Seperti yang kita ketahui, diera digital sekarang banyak sekali kegunaan media sosial salah satunya adalah sebagai media untuk promosi atau iklan suatu produk. Video video yang digunakan untuk promosi biasanya dibuat sedemikian rupa agar menjadi bagus dan menarik agar orang yang melihat suatu produk tersebut dan berkeinginan untuk membelinya.

Tetapi video promosi berbeda dengan video explainer, mekipun begitu video explainer juga biasanya digunakan untuk mempromosikan suatu produk. Video explainer ini dibuat dengan tujuan untuk menyampaikan atau menjelaskan suatu pesan pada orang yang menonton video tersebut. Ada beberapa jenis video explainer, akan tetapi video explainer yang sekarang paling populer atau banyak diminati adalah video explainer animasi 2D.

Mengapa banyak diminati? Karena video explainer animasi 2D ini berisikan video yang menarik untuk dilihat, dan yang paling utama penonton tidak akan bosan melihatnnya karena pada dasarnya video explainer ini dibuat dengan durasi yang singkat.

Walaupun dengan durasi yang singkat video explainer harus tetap berisikan poin penting yang akan disampaikan dan langsung pada inti yang akan dijelaskan. Walaupun durasi video yang singkat video explainer animasi 2D tidak mudah proses pembuatannya. Membutuhkan proses yang cukup lama untuk membuatnya.

Oleh karena itu biasanya video explainer animasi 2D pembuatanya dibantu dengan beberapa proses, seperti menyusun storyboard dan script terlebih dahulu. Karena storyboard dan script akan memudahkan untuk membuat video explainer agar tidak bingung dan seuai dengan alur cerita yang telah dibuat di awal.

Selain storyboard dan script yang terpenting adalah juga membuat voice over. Dibeberapa video explainer memang ada yang tidak menggunakan voice over, akan teteapi menggunakan voice over akan menambah nilai plus pada video explainer untuk dilihat. Karena penonton tidak perlu membaca pesan apa saja yang akan disampaikan. Hanya cukup mendengar.

Voice over juga mendambah kemenarikan didalam video explainer tersebut. Selain beberapa unsur diatas, juga ada beberapa unsur yang penting untuk pembuatan video explainer animasi 2D lainnya. Seperti backsound, penambahan backsound pada video explainer animasi 2D harus sesuai dengan tema video yang sudah dibuat.

Lalu ada pemilihan warna pada objek gambar animasi 2D. Mengapa ini juga termasuk penting? Karena pemilihan warna yang sesuai akan menjadikan video explainer anda lebih menarik untuk dilihat.

Kembali pada proses pembuatan video explainer animasi 2D, video explainer ini dibuat dengan awalan menulis script dan menggambar storyboard, lalu dilanjut dengan menggambar atau membuat bahan bahan atau objek yang akan digunakan pada video explainer tersebut. Dan biasanya proses inilah yang membutuhkan banyak waktu.

Karena penggambaran atau pembuatan objek ini harus dilakukan satu persatu sesuai dengan objek yang diinginkan dari scene perscene. Setelah semua objeknya jadi dan semua bahan yang dibutuhkan dalam video explainer itu jadi baru bisa dianimasikan sesuai dengan yang diinginkan.

Semua objek yang terdapat dalam video itu dianimasikan atau diberi pergerakan agar video explainer animasi 2D itu menarik. Dan jangan lupa menganimasikannya harus sesuai dengan alur cerita yang sudah dibuat. Biasanya, proses ini juga membutuhkan waktu yang lumayan lama agar menjadi bagus.

Proses tersebut biasanyanya juga dilakukan dengan menambahkan voice over dan backsound agar sesuai.

Maka tidak heran mengapa biasanya jasa pembuatan video explainer ini bisa terbilang mahal harganya dengan durasi yang singkat. Karena memang prosesnya yang membutuhkan waktu yang panjang dan ide yang kreatif agar semua pesan yang ingin disampaikan dalam video explainer bisa jadi satu video yang menarik dan sesuai dengan keinginan.

“Tirta Media Production Adalah Perusahaan Profesional yang Melayani Pembuatan Video Profil, Video Safety Induction, Video Animasi 2D & 3D, Video Dokumentasi, Video Iklan, dan Digital Marketing”

Untuk informasi lebih lanjut hubungi : WA/ telpon : 0822-8623-0300

Email : [email protected]

Website : www.tirtamedia.co.id

Portofolio klik link berikut :

https:/www.youtube.com/channel/UCtagATyx8VSUK_8Qav5Zhfw

 

 

Category: Uncategorized